Fatmawati, Kiki (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS III SDN 2 BANJAR TEGAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021015-COVER.pdf Download (306kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021015-ABSTRAK.pdf Download (41kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021015-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan rancang bangun pengembangan e-book berbasis pembelajaran kontekstual, mendeskripsikan validitas pengembangan e-book berbasis pembelajaran kontekstual, dan mengetahui efektivitas pengembangan e-book berbasis pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas III di SDN 2 Banjar Tegal. Model yang digunakan adalah model hannafin and peck dengan tiga proses utama yaitu analisis, desain, pengembangan serta implementasi. Setiap prosedur dilakukan dengan tahap evaluasi dan revisi. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, pencatatan dokumen, observasi, kuesioner, dan tes. Teknik analis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah para ahli dan siswa kelas IV SDN 2 Banjar Tegal. Hasil penelitian ini diantaranya (1) E-book dikembangkan dengan model Hannafin and Peck dengan tiga proses utama (analisis, desain, dan pengembangan serta implementasi). (2) E-book dinyatakan valid dengan kategori sangat baik, yaitu 98,3% oleh ahli isi pembelajaran, 90,7% oleh ahli desain pembelajaran, 94,6% oleh ahli media pembelajaran, serta mendapatkan skor 97,73% pada uji coba perorangan dan 97,6% pada uji coba kelompok kecil. (3) E-book juga dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan e-book berbasis pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan rata-rata pretest 74,3 dan posttest 84,2. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran bahasa indonesia efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas III SDN 2 Banjar Tegal. Kata-kata kunci: Penelitian dan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, e-book, hannafin and peck, bahasa Indonesia, kontekstual. |
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Kiki Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 06:36 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 06:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22453 |
Actions (login required)
View Item |