PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS VIII

Meidiantara, I Nyoman Rai (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013071025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013071025-ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013071025-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keterbacaan media pembelajaran dengan aplikasi lectora inspire berbasis problem solving pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah research and development (R & D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang memiliki sepuluh tahapan. Pada penelitian ini dibatasi sampai tujuh tahap meliputi 1) pengumpulan informasi, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi Produk sesuai kebutuhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respons uji kepraktisan dan uji keterbacaan. Uji validitas uji produk dilakukan oleh dua orang dosen ahli pendidikan IPA. Kepraktisan media pembelajaran diuji oleh dua orang guru IPA SMP. Keterbacaan media pembelajaran diuji oleh kelompok kecil berjumlah 30 peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian yang didapat 1) hasil uji validasi meliputi a) Uji validitas produk mendapatkan skor 82% sehingga masuk pada kualifikasi sangat valid, b) Hasil uji kepraktisan media pembelajaran memiliki rerata skor 78,1% termasuk dalam kualifikasi praktis, dan c) Hasil uji keterbacaan media pembelajaran masuk pada kualifikasi sangat terbaca dengan skor 88,4%. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan media pembelajaran lectora inspie berbasis problem solving pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII layak untuk diuji coba lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media lectora inspire, IPA, problem solving, usaha dan pesawat sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Nyoman Rai Meidiantara
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:48
Last Modified: 26 Nov 2024 07:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item View Item