Chantika, Putu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI ATLETIK (LEMPAR CAKRAM) PADA PESERTA DIDIK SMP. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011019-COVER.pdf Download (635kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011019-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011019-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran materi atletik (lempar cakram) pada peserta didik SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Devlopment, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi produk dari ahli materi pembelajaran, ahli desain/media pembelajaran, dan praktisi PJOK, serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancang bangun terdapat sebuah video yang berdurasi 8 menit, pada video tersebut berisikan penyampaian pembukaan, tujuan pembelajaran, video tutorial dan video tugas gerak dengan tingkat kesulitan mulai dari mudah, sedang hingga sulit dan penutup. Pengembangan dilakukan perekaman video, perekaman audio narasi, proses editing, uji ahli isi/materi pembelajaran dengan presentase 96,67% pada kategori sangat baik, ahli desain/media dan praktisi PJOK dengan presentase 93% pada kategori sangat baik dan uji praktisi PJOK dengan presentase 96% pada kategori sangat baik, hasil dari uji coba produk yaitu uji kelompok kecil dengan presentase 97,33% dan uji kelompok besar 97,1% yang tergolong kedalam kategori sangat baik. Tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran berupa video tutorial dan tugas gerak ini dapat digunakan dalam memfasilitasi peserta didik SMP untuk mempelajari materi lempar cakram. Kesimpulannya adalah video pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan metode pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kurikulum merdekabelajar. Disarankan kepada guru PJOK dapat mengimplementasikan video pembelajaran materi lempar cakram pada peserta didik SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lempar Cakram, ADDIE, Video Tutorial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Putu Chantika Candra Dewi |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:27 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22514 |
Actions (login required)
View Item |