Gosachi, I Made Adistha (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD LAB SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031274-COVER.pdf Download (508kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031274-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031274-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031274-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031274-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031274-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031274-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031274-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031274-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran berlangsung kurang efektif sehingga siswa mengalami kendala ketika menerima atau memahami materi matematika, kurangnya partisipasi serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dipertengahan pembelajaran siswa kurang memperhatikan pembelajaran, kurangnya penggunaan media menyebabkan semangat belajar siswa menurun dan cepat bosan sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa, tidak semua siswa bisa fokus belajar dalam waktu yang lama dan kemampuan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika berbeda-beda. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian adalah ekperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 70 siswa. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampling purposive. Dalam penelitian ini, proses pengumpulan data dilakukan denganMmenggunakan metode tes objektif berupa tes pilihan ganda. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh bahwa retata skor kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan retata kelompok kontrol (19,47 > 17,59). Berdasarkan Uji-t diperoleh hasil bahwa t= 2,65, dan p (taraf signifikan 5%) = 1,995. Sehinggaddapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu Gambar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Lab Singaraja. Model model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu Gambar dapat diaplikasikan pada pelajaran matematika di SD sebagai tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal pada pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MAM, gambar, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Adistha Gosachi |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 08:16 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 08:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2252 |
Actions (login required)
View Item |