Adelia, Ni Putu Cahya (2024) PROBLEMATIKA DALAM PENILAIAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KURIKULUM MERDEKA KELAS VII SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011019-COVER.pdf Download (657kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011019-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011019-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (421kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011019-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan dalam penilaian menulis teks deskripsi Kurikulum Merdeka kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja yang mencakup permasalahan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan kendala-kendala guru dalam penilaian menulis teks deskripsi Kurikulum Merdeka Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perencanaan penilaian menulis teks deskripsi, rubrik penilaian guru tidak memiliki indikator yang jelas sebagai dasar memberikan skor yang lebih rinci. Pelaksanaan penilaian menulis teks deskripsi dilakukan guru secara sepintas dan tidak sesuai dengan rubrik penilaian. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penilaian menulis teks deskripsi, yaitu kurangnya kemampuan guru dalam menyusun rubrik penilaian yang tepat dan beragamnya bentuk tulisan siswa serta banyaknya jumlah siswa membutuhkan banyak waktu untuk mengoreksi tulisan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum merdeka, penilaian menulis, teks deskripsi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Cahya Adelia |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:55 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22531 |
Actions (login required)
View Item |