PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Dewi, Anak Agung Ayu Mirah Wira (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129091001-COVER)
2129091001-Cover.pdf

Download (903kB)
[img] Text (2129091001-ABSTRAK)
2129091001-Abstrak.pdf

Download (143kB)
[img] Text (2129091001-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129091001-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (406kB)
[img] Text (2129091001-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129091001-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (2129091001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129091001-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text (2129091001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129091001-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (2129091001-BAB 5 PENUTUP)
2129091001-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (2129091001-DAFTAR PUSTAKA)
2129091001-Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB)
[img] Text (2129091001-LAMPIRAN)
2129091001-Lampiran.pdf

Download (798kB)

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran inovatif dalam pembelejaran IPS berimplikasi pada hasil belajar siswa. Peneilitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi SMA. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, survey dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prototipe media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon yang dikembangkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi SMA telah dapat dipahami guru mata Pelajaran Ekonomo dengan kriteria ‘sangat baik’ (89.92), (2) media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon yang dikembangkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi SMA tergolong ke dalam kriteria ’sangat valid’, baik dari sisi isi (87,49) maupun medianya (87,49), dan (3) Media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon terbukti efeketif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi SMA. Terdapat peningakatan hasil belajar siswa setelah Media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon diterapkan dalam pembelajaran ekonomi. Peningkatannya mencapai 30,38% (dari nilai rata-rata 63,14 menjadi 82,32). Hasil belajar juga menjadi semakin homogen dengan standar deviasi yang semakin menurun, yaitu -12,60 (dari Sd = 10,45 menjadi 8,14).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media pembelajaran, Model ADDIE, Prototipe, Validitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Anak Agung Ayu Mirah Wira Dewi
Date Deposited: 03 Feb 2025 07:29
Last Modified: 03 Feb 2025 07:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item