PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DENGAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANJAR

Indah Utami, Gusti Ayu (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DENGAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051059_COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051059_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051059_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1615051059_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1615051059_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051059_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051059_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051059_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051059_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran e-learning, serta mengetahui bagaimana respons guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran e-learning dengan model blended learning pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 2 Banjar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R & D). Adapun tahapan dari model pengembangan ADDIE yaitu, analyze, design, development, implementation, evaluasion. Penelitian ini dilakukan di kelas X Bahasa dan Budaya 2 SMA Negeri 2 Banjar dengan jumlah 10 peserta didik. Dalam pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa instrument di antaranya yaitu angket validasi ahli isi, desain pembelajaran dan media pembelajaran, angket uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan, serta angket respons guru dan peserta didik. Hasil dari uji kevalidan media pembelajaran e-learning yang dihitung dari hasil validasi ahli yaitu ahli isi, desain pembelajaran, dan media mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata dari respons guru mendapatkan skor sebesar 47 dan untuk hasil rata-rata respons peserta didik medapatkan rata-rata sebesar 60,3 dengan kriteria sangat praktis. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran geografi telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan dan kepraktisan. Kata kunci: Blended Learning, Media E-Learning, Model ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Blended Learning, Media E-Learning, Model ADDIE
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: GUSTI AYU INDAH UTAMI
Date Deposited: 27 Jul 2020 00:39
Last Modified: 27 Jul 2020 00:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item