Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA

Putri, Putu Indah Aryantini (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021008-COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021008-ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021008-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dan desain penelitian one way pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Dwijendra Denpasar yang terbagi menjadi 3 kelas dengan total populasi 97 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple randomize dengan 2 kelas sampel yang digunakan yaitu XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelompok kontrol dengan total sampel 65 siswa. Data kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan instrumen penelitian berbentuk 10 soal esai dengan reliabilitas tes sebesar 0,739 dan konsistensi internal bergerak pada 0,363-0,752. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kovarian (ANAKOVA) dan uji lanjut LSD taraf signifikansi 5%. Hasil uji ANAKOVA yang menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis fisika siswa antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dengan siswa yang belajar menggunakan model DI (F^* = 77,253; p<0,01). Hasil tes kemampuan berpikir kritis setelah perlakuan (posttest) menunjukkan kelompok model PBL lebih unggul dibandingkan kelompok model DI. Terbukti dari rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelompok model PBL sebesar 77,34 (SD=7,09), sedangkan kelompok model DI memperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 62,04 (SD=8,89). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh lebih tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, model direct instruction, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran fisika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Putu Indah Aryantini Putri
Date Deposited: 19 Dec 2024 05:07
Last Modified: 19 Dec 2024 05:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22583

Actions (login required)

View Item View Item