HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN AUTISM SPECTRUM DISORDER DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK SISWA SLB NEGERI 2 BULELENG TAHUN AJARAN 2023-2024

WIRANJAYA, I WAYAN SATRYADI (2025) HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN AUTISM SPECTRUM DISORDER DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK SISWA SLB NEGERI 2 BULELENG TAHUN AJARAN 2023-2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2118011004-COVER.pdf

Download (894kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2118011004-ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2118011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2118011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2118011004-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
2118011004-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PEMBAHASAN)
2118011004-BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
2118011004-BAB 6 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2118011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2118011004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prevalensi Autism Spectrum Disorder (ASD) terus meningkat secara global. Sekitar 1 dari 68 anak di dunia terdiagnosis autisme. Autisme merupakan sebuah kondisi gangguan neurodevelopmental yang bersifat pervasif, yang utamanya ditandai dengan gangguan interaksi sosial sehingga memengaruhi kualitas hidup para penderitanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara derajat keparahan Autism Spectrum Disorder (ASD) dengan indeks prestasi akademik siswa di SLB Negeri 2 Buleleng pada tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini melibatkan sejumlah siswa dengan ASD, di mana data mengenai tingkat keparahan ASD dan indeks prestasi akademik dikumpulkan dan dianalisis. Adapun jumlah sampel yang diteliti ialah sebanyak 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki tingkat keparahan ASD yang tergolong berat (46,15%). Rerata indeks prestasi akademik siswa mencapai 73,90 ± 2,50, yang termasuk dalam predikat baik. Analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara derajat keparahan ASD dengan indeks prestasi akademik (r = -0,413). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi derajat keparahan ASD, semakin rendah indeks prestasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Autism Spectrum Disorder. Derajat Keparahan. Indeks Prestasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1)
Depositing User: I Wayan Satryadi Wiranjaya
Date Deposited: 21 Jan 2025 01:51
Last Modified: 21 Jan 2025 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22826

Actions (login required)

View Item View Item