WIRANJAYA, I WAYAN SATRYADI (2025) HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN AUTISM SPECTRUM DISORDER DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK SISWA SLB NEGERI 2 BULELENG TAHUN AJARAN 2023-2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2118011004-COVER.pdf Download (894kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2118011004-ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2118011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2118011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2118011004-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
2118011004-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PEMBAHASAN)
2118011004-BAB 5 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6 PENUTUP)
2118011004-BAB 6 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2118011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2118011004-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Prevalensi Autism Spectrum Disorder (ASD) terus meningkat secara global. Sekitar 1 dari 68 anak di dunia terdiagnosis autisme. Autisme merupakan sebuah kondisi gangguan neurodevelopmental yang bersifat pervasif, yang utamanya ditandai dengan gangguan interaksi sosial sehingga memengaruhi kualitas hidup para penderitanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara derajat keparahan Autism Spectrum Disorder (ASD) dengan indeks prestasi akademik siswa di SLB Negeri 2 Buleleng pada tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini melibatkan sejumlah siswa dengan ASD, di mana data mengenai tingkat keparahan ASD dan indeks prestasi akademik dikumpulkan dan dianalisis. Adapun jumlah sampel yang diteliti ialah sebanyak 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki tingkat keparahan ASD yang tergolong berat (46,15%). Rerata indeks prestasi akademik siswa mencapai 73,90 ± 2,50, yang termasuk dalam predikat baik. Analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara derajat keparahan ASD dengan indeks prestasi akademik (r = -0,413). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi derajat keparahan ASD, semakin rendah indeks prestasi akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Autism Spectrum Disorder. Derajat Keparahan. Indeks Prestasi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1) |
Depositing User: | I Wayan Satryadi Wiranjaya |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:51 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22826 |
Actions (login required)
View Item |