PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 3 JEMBRANA TAHUN AJARAN 2019/2020

Mulhakim, Ahmad (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 3 JEMBRANA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1517011022-COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1517011022-ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1517011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1517011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1517011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1517011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1517011022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1517011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1517011022-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-1 MAN 3 Jembrana dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan cara melakukan observasi dan test kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif, jenis data ialah data primer dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh rata-rata nilai sebesar 33,89 atau dengan persentase 67,78% masuk “kategori cukup aktif”, untuk siklus II sebesar 37,13 atau dengan persentase 74,26% masuk kategori “aktif”. Untuk hasil belajar siswa siklus I ketuntasannya sebesar 68,42%, siklus II sebesar 78,95%. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siwa kelas XI IPS-1 MAN 3 Jembrana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas. Hasil Belajar. Problem Based Learning (PBL).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Ahmad Mulhakim
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:44
Last Modified: 27 Jul 2020 06:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item