ANALISIS DESAIN E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DARI SISI PENGGUNA DOSEN

Kusumadewi, Ni Made Ayu Mita (2025) ANALISIS DESAIN E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DARI SISI PENGGUNA DOSEN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (612kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

E-Learning merupakan platform pembelajaran yang digunakan oleh civitas akademika Undiksha memiliki pengguna yaitu mahasiswa dan dosen. E-Learning yang ditinjau dari pengguna dosen memiliki kendala dalam jumlah penggunaanya yang masih sedikit dikarenakan E-Learning Undiksha terkesan rumit untuk digunakan. Evaluasi penggunaan E-learning perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat usability desain E-Learning dari sisi pengguna dosen dengan menggunakan metode Performance Measurement, Retrospective Think Aloud dan kuisioner Computer System Usability Questionnaire (CSUQ). Adapun total responden adalah 8 orang responden yang berasal dari 8 fakultas. Pengujian usability dilakukan sebanyak 2 kali dan dengan memberikan rekomendasi perbaikan desain yang berupa prototype. Pengujian awal dilakukan dengan mengujikan sistem yang berjalan saat ini dan diperoleh nilai aspek learnability sebesar 79,8 %, effisiensi diperoleh data dengan rata-rata pengerjaan task dari semua responden yaitu 0,056985959 goals/second, memorability yang diukur menggunakan Overall Relative Efficiency sebesar 87 %, error rata-rata yang dari seluruh responden yaitu 0,04977 goals/second, dan satisfaction yang diukur menggunakan kuesioner CSUQ 77,5 % dapat dikategorikan Sangat Baik. Pengujian akhir dilakukan pada rekomendasi desain perbaikan dari hasil pengujian pertama. Hasil yang diperoleh yaitu nilai aspek learnability sebesar 94,4 %, effisiensi diperoleh data dengan rata-rata pengerjaan task dari semua responden yaitu 0.07558 goals/second, memorability yang diukur menggunakan Overall Relative Efficiency sebesar 100%, error rata-rata yang dari seluruh responden yaitu 0,01944 dan satisfaction yang diukur menggunakan kuesioner CSUQ 96 % dapat dikategorikan Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian rekomendasi prototype perbaikan desain E-Learning yang berjenis High Fidelity yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh responden. Kata Kunci : E-Learning Undiksha, Usability Testing, Performance Measurement, Resprotektive Think Aloud

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Learning Undiksha, Usability Testing, Performance Measurement, Resprotektive Think Aloud
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ni Made Ayu Mita Kusumadewi
Date Deposited: 08 Feb 2025 00:15
Last Modified: 08 Feb 2025 00:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22940

Actions (login required)

View Item View Item