Kusumadewi, Ni Made Ayu Mita (2025) ANALISIS DESAIN E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DARI SISI PENGGUNA DOSEN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
Cover.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
E-Learning merupakan platform pembelajaran yang digunakan oleh civitas akademika Undiksha memiliki pengguna yaitu mahasiswa dan dosen. E-Learning yang ditinjau dari pengguna dosen memiliki kendala dalam jumlah penggunaanya yang masih sedikit dikarenakan E-Learning Undiksha terkesan rumit untuk digunakan. Evaluasi penggunaan E-learning perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat usability desain E-Learning dari sisi pengguna dosen dengan menggunakan metode Performance Measurement, Retrospective Think Aloud dan kuisioner Computer System Usability Questionnaire (CSUQ). Adapun total responden adalah 8 orang responden yang berasal dari 8 fakultas. Pengujian usability dilakukan sebanyak 2 kali dan dengan memberikan rekomendasi perbaikan desain yang berupa prototype. Pengujian awal dilakukan dengan mengujikan sistem yang berjalan saat ini dan diperoleh nilai aspek learnability sebesar 79,8 %, effisiensi diperoleh data dengan rata-rata pengerjaan task dari semua responden yaitu 0,056985959 goals/second, memorability yang diukur menggunakan Overall Relative Efficiency sebesar 87 %, error rata-rata yang dari seluruh responden yaitu 0,04977 goals/second, dan satisfaction yang diukur menggunakan kuesioner CSUQ 77,5 % dapat dikategorikan Sangat Baik. Pengujian akhir dilakukan pada rekomendasi desain perbaikan dari hasil pengujian pertama. Hasil yang diperoleh yaitu nilai aspek learnability sebesar 94,4 %, effisiensi diperoleh data dengan rata-rata pengerjaan task dari semua responden yaitu 0.07558 goals/second, memorability yang diukur menggunakan Overall Relative Efficiency sebesar 100%, error rata-rata yang dari seluruh responden yaitu 0,01944 dan satisfaction yang diukur menggunakan kuesioner CSUQ 96 % dapat dikategorikan Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian rekomendasi prototype perbaikan desain E-Learning yang berjenis High Fidelity yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh responden. Kata Kunci : E-Learning Undiksha, Usability Testing, Performance Measurement, Resprotektive Think Aloud
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning Undiksha, Usability Testing, Performance Measurement, Resprotektive Think Aloud |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ayu Mita Kusumadewi |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 00:15 |
Last Modified: | 08 Feb 2025 00:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |