Raspadewi, Ni Luh Putu Diah (2025) THE EFFECT OF DIGITAL FLASHCARD IMPLEMENTATION AS LEARNING MEDIA ON VOCABULARY MASTERY OF 8TH GRADE STUDENTS AT SMP LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021140-COVER.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021140-ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021140-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021140-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021140-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021140-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021140-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021140-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021140-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki efektivitas penerapan media pembelajaran flashcard digital dalam meningkatkan penguasaan kosakata di kalangan siswa kelas 8 di SMP Laboratorium Undiksha. Desain penelitian ini adalah kuasi-eksperimental dengan pretest untuk kedua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan masing-masing 26 dan 25 siswa, sehingga total 51 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam skor post-test kelompok eksperimen, dengan nilai rata-rata 81,72, yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor post-test kelompok kontrol sebesar 72,40. Selain itu, hasil uji-t sampel independen menunjukkan bahwa perbedaan skor tersebut signifikan secara statistik, yang semakin diperkuat oleh hasil efek ukuran Cohen’s d yang menunjukkan dampak kuat dari penggunaan flashcard digital terhadap penguasaan kosakata. Temuan ini menegaskan bahwa flashcard digital merupakan media pembelajaran yang efektif, interaktif, dan menarik untuk mengatasi tantangan dalam penguasaan kosakata dalam bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL), khususnya di sekolah perkotaan dengan akses teknologi yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flashcard Digital, Media Pembelajaran, Penguasaan Kosakata, Pendidikan Bahasa Inggris, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PR English literature T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | NI LUH PUTU DIAH RASPADEWI |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 00:54 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |