PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU PERTANYAAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Adnyani, Ni Ketut Mira (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU PERTANYAAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031303-COVER.pdf.pdf

Download (614kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031303-ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031303-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031303-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031303- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031303-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031303-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031303-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031303-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan kartu pertanyaan terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain posttes only control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 156 orang siswa yang merupakan seluruh kelas V gugus XIII Kecamatan Buleleng. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 27 orang kelas V SD Negeri 1 Banjar Tegal sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 1 Baktiseraga sebagai kelompok kontrol berjumlah 26 orang dipilij denga menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data variabel motivasi belajar menggunakan kuesioner motivasi belajar dan variabel hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan ganda. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik analisis multivarians (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat yang signifikan pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan kartu pertanyaan terhadap motivasi belajar (F=62,487, dengan Sig. < 0,05); 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scramble berbantuan kartu pertanyaan terhadap hasil belajar IPA (F= 18,344, dengan Sig. < 0,05); 3) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scramble terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA (F= 30.964, dengan Sig. < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: scramble, motivasi, hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Mira Adnyani
Date Deposited: 27 Jul 2020 01:16
Last Modified: 27 Jul 2020 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item