Susanto, Edi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD DI GUGUS SUNTALANGU KECAMATAN SUELA LOMBOK TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2229041067-COVER)
2229041067-Cover.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text (2229041067-ABSTRAK)
2229041067-Abstrak.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (2229041067-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041067-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text (2229041067-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041067-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041067-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041067-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041067-BAB 5 PENUTUP)
2229041067-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041067-DAFTAR PUSTAKA)
2229041067-Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (2229041067-LAMPIRAN)
2229041067-Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V Sekolah Dasar (SD) Gugus Suntalngu Kec.Suela Kabupaten Lombok Timur .terdapat pengaruh penggunaan media audio Visual terhadap prestasi belajar Siswa Kelas V SD Gugus Suntalangu Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur.dan ada perbedaan pengaruh penggunaan Media Audio Visual di bandingkan dengan konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar Sisswa Kelas V SD Gugus Suntalangu Kecamatan Suela Kabupaten Lombk Timur.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Comprasion Grup Design pretest-posttest control group. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas V SD yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Peningkatan motivasi ini diindikasikan oleh minat yang lebih besar terhadap materi yang diajarkan, peningkatan partisipasi dalam kegiatan kelas, dan sikap positif terhadap pembelajaran IPA. Selain itu, hasil posttest menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dalam kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, yang mengindikasikan bahwa media audio visual efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pencapaian akademik siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media audio visual memiliki dampak positif yang signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, disarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan media ini sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam mata pelajaran yang memerlukan visualisasi konsep yang kompleks seperti IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual,Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Edi Susanto |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 01:15 |
Last Modified: | 08 Feb 2025 01:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |