Huldan, Huldan (2025) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI MTS KECAMATAN WANASABA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2229041082-COVER)
2229041082-Cover.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text (2229041082-ABSTRAK)
2229041082-Abstrak.pdf Download (564kB) |
![]() |
Text (2229041082-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041082-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text (2229041082-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041082-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041082-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041082-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041082-BAB 5 PENUTUP)
2229041082-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041082-DAFTAR PUSTAKA)
2229041082-Daftar Pustaka.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text (2229041082-LAMPIRAN)
2229041082-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Pendekatan SETS mengintegrasikan konsep sains dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat, serta bertujuan meningkatkan relevansi pembelajaran bagi peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Wanasaba. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data dikumpulkan melalui kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar IPA. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan MANOVA untuk mengevaluasi perbedaan antara kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan SETS dan kelompok kontrol yang menggunakan metode tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik secara nsimultan antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pendekatan SETS dan peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran tradisional dengan nilai statistika F = 19,783 (p < 0,05). Terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pendekatan SETS dan peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran tradisional yang ditunjukkan dengan nilai statistik F = 19,390 (p < 0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pendekatan SETS dan peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran tradisional yang ditunjukkan dengan nilai statistik F = 19,570 (p < 0,05). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan SETS efektif pada meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SETS, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Huldan |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 02:35 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 02:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |