Wati, Ni Nyoman Kurnia (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF IPAS BERBASIS CATUR PRAMANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN BULELENG. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2239031005-COVER.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2239031005-ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2239031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2239031005-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancang bangun, menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar interaktif IPAS berbasis Catur Pramana. Bahan ajar ini digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Subjek penelitiannya guru dan siswa kelas IV di Kecamatan Buleleng. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan tes. Sebelum dilakukan efektifitas, produk bahan ajar divalidasi oleh masing-masing ahli diantaranya ahli materi, media, dan bahasa yang totalnya berjumlah 9 orang. Data yang terkumpul dari penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut. 1) Rancang bangun bahan ajar interaktif IPAS berbasis Catur Pramana adalah berupa buku ajar pembelajaran IPAS untuk siswa dalam bentuk flipbook interaktif dengan alur pembelajarannya menggunakan Catur Pramana. 2) Hasil validitas ahli materi adalah 0,91, ahli media adalah 0,96, dan ahli bahasa adalah 0,96 dengan kategori sangat valid. 3) Hasil kepraktisan respon guru adalah 93,11 dengan kategori sangat praktis dan respon siswa adalah 90,58 dengan kategori sangat praktis. 4) Hasil efektifitas bahan ajar interaktif IPAS berbasis Catur Pramana memperoleh F hitung sebesar 29,409, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi bahan ajar interaktif IPAS berbasis Catur Pramana secara efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa fase B Kelas IV SD gugus III di Kecamatan Buleleng.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interactive teaching materials for science and technology, Catur Pramana, critical thinking skills, independent learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Ni Nyoman Kurnia Wati |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:48 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |