PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PROBUS TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA KLS XI PERHOTELAN DALAM PEMBELAJARAN RESERVASI DI SMKN 5 NEGARA

Suandana, I Putu Agus (2025) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PROBUS TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA KLS XI PERHOTELAN DALAM PEMBELAJARAN RESERVASI DI SMKN 5 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115011067 - COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115011067 - ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115011067 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115011067 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115011067 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115011067 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115011067 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115011067 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115011067 - LAMPIRAN.pdf

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Sistem Informasi Probus terhadap peningkatan kompetensi kognitif siswa kelas XI Perhotelan dalam pembelajaran reservasi di SMKN 5 Negara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Sistem Informasi Probus dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI P1, XI P2, dan XI P3 di SMK Negeri 5 Negara, dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi proses pembelajaran, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan data hasil belajar dan statistik inferensial berupa uji t untuk menguji hipotesis. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Sistem Informasi Probus secara signifikan meningkatkan kompetensi kognitif siswa dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Probus Terhadap Peningkatan Kompetensi Kognitif Siswa Kelas XI Perhotelan dalam Pembelajaran Reservasi di SMKN 5 Negara, dapat disimpulkan bahwa hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 dan thitung pada kelas eksperimen > ttabel, yaitu 7,428 > 2,073. Dari hasil perhitungan ini, Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Sistem Informasi Probus terhadap peningkatan kompetensi kognitif siswa kelas XI Perhotelan dalam pembelajaran reservasi di SMKN 5 Negara. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Sistem Informasi Probus berpengaruh dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Probus, kompetensi kognitif, pembelajaran reservasi
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: I Putu Agus Suandana
Date Deposited: 13 Feb 2025 05:48
Last Modified: 13 Feb 2025 05:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23155

Actions (login required)

View Item View Item