PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD DI GUGUS I KECAMATAN GEROKGAK KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sastrawan, Putu Agus Putra (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD DI GUGUS I KECAMATAN GEROKGAK KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031293-COVER.pdf.pdf

Download (715kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031293-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031293-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031293-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031293-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031293-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN,pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031293-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031293-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (417kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031293-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran talking stick berbantuan mind mapping terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control grup design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 125 siswa, dan sampel penelitian ini berjumlah 45 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random samppling. Data keterampilan berbicara siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode nontes berupa penilaian unjuk kerja. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh rata-rata kelompok eksperimen adalah 77,14 sedangkan kelompok kontrol adalah 70,625 dan (thitung = 2,682 > ttabel = 1,68107). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran talking stick berbantuan mind mapping terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick berbantuan mind mapping berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Mind Mapping, Berbicara,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Agus Putra Sastrawan
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:54
Last Modified: 27 Jul 2020 03:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item