SATMIKA, KOMANG UTAMA (2025) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL WONDERLAND INDONESIA 2: THE SACRED NUSANTARA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MEMBENTUK KESADARAN MULTIKULTUR BAGI SISWA SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041013-COVER.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041013-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041013-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kesadaran Multikultural penting untuk ditanamkan di dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena adanya keberagaman di dalamnya. Sehingga, dalam penelitian ini memiliki suatu tujuan untuk menanamkan kesadaran Multikultural melalui media audio visual Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara yang diterapkan sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila sekaligus untuk membangun kesadaran Multikultural di dalam diri siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singaraja dengan fokus pada kelas 12 sebagai subjek penelitian. Untuk mengumpulkan data, digunakan berbagai metode seperti observasi, tes, dan dokumentasi yang mana data yang dihasilkan dianalisis melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan Pancasila dengan memanfaatkan media audio visual Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kesadaran multikultural pada diri siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Peningkatan ini dibuktikan melalui meningkatnya rata-rata capaian pembelajaran serta tingkat penyelesaian siswa secara keseluruhan pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I ini, siswa memperoleh nilai rata-rata 73,22 dengan ketuntasan klasikal 38,70%. Sebaliknya, pada siklus II, rata-rata capaian pembelajaran menjadi 95,25 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Kemajuan ini dapat dikaitkan dengan pemanfaatan Media audio visual Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara sebagai media pembelajaran. Media ini efektif untuk menumbuhkan kesadaran Multikultural pada diri siswa melalui adanya peningkatan partisipasi mereka pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara, Kesadaran Multikultural. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Komang Utama Satmika |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 10:56 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 10:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |