STUDI FENOMENOLOGI FAKTOR PENYEBAB PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 GIANYAR, KABUPATEN GIANYAR, PROVINSI BALI

WULANDARI, NI MADE IRMA (2025) STUDI FENOMENOLOGI FAKTOR PENYEBAB PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 GIANYAR, KABUPATEN GIANYAR, PROVINSI BALI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239011015-COVER.pdf

Download (702kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239011015-ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2239011015-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (663kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2239011015-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2239011015-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011015-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2239011015-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239011015-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah fondasi yang sangat penting dalam kehidupan individu dan kemajuan masyarakat. Sebagai lingkungan pertama di mana anak-anak mendapatkan pendidikan, keluarga memainkan peranan vital. Orang tua adalah pemegang otoritas terbesar sejauh mana mereka mau terlibat, maka persepsi orang tua harus bisa dipahami karena hal ini akan mempengaruhi prestasi akademis, motivasi, kesejahteraan psikologis dan sosial anak. Penelitian ini memiliki tujuan menggali lebih dalam bagaimana orang tua merasakan dan memaknai pelibatan mereka dan faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Subjek penelitian adalah 18 orang tua dari anak yang bersekolah di SMPN 1 Gianyar. Adapun tehnik pengumpulan data adalah analisis data awal dengan analisis iteratif dan menggunakan deskriptif tematik. Data dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian dan verifikasi data. Instrumen penelitian adalah observasi terstruktur partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi.Untuk meningkatkan kredibilitas data digunakan triangulasi data, teori dan metode serta pengecekan anggota. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang telah dilakukan di SMPN 1 Gianyar, dimana sekolah ini merupakan sekolah favorit dan juga mewakili keberagaman orang tua dan partisipasinya. Ditemukan bahwa persepsi orang tua terhadap faktor penyebab partisipasi adalah : a)kesadaran; (b)keterbukaan; (c) kepedulian sekolah (d) keterlibatan dalam organisasi sosial. Kata Kunci: Kajian Fenomenologi, Faktor Penyebab, Partisipasi Orang Tua

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kajian Fenomenologi, Faktor Penyebab, Partisipasi Orang Tua
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Ni Made Irma Wulandari. S.E., M.Pd., M.Pd.
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:37
Last Modified: 14 Feb 2025 02:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23280

Actions (login required)

View Item View Item