PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VIII MENGWI

Maliani, Yanti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VIII MENGWI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329041048-COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041048-ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041048-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041048-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041048-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis permainaan berbantuan Quizizz terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila baik secara simultan maupun sendiri-sendiri. Penelitian ini tergolong jenis kuasi eskperimen dengan rancangan post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi sebanyak 215 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa kelas V SD No. 4 Mengwi yang terdiri dari 28 orang sedangkan kelompok kontrol adalah siswa kelas V SD No. 1 Mengwi yang sebanyak 26 orang. Instrumen data pada penelitian ini adalah angket untuk motivasi belajar dan tes untuk prestasi belajar Pendidikan Pancasila yang dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis permainan berbantuan Quizizz berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: model pembelajaran berbasis permainan, quizizz, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Yanti Maliani
Date Deposited: 14 Feb 2025 05:16
Last Modified: 14 Feb 2025 05:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23299

Actions (login required)

View Item View Item