Maliani, Yanti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VIII MENGWI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329041048-COVER.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041048-ABSTRAK.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041048-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis permainaan berbantuan Quizizz terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila baik secara simultan maupun sendiri-sendiri. Penelitian ini tergolong jenis kuasi eskperimen dengan rancangan post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi sebanyak 215 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa kelas V SD No. 4 Mengwi yang terdiri dari 28 orang sedangkan kelompok kontrol adalah siswa kelas V SD No. 1 Mengwi yang sebanyak 26 orang. Instrumen data pada penelitian ini adalah angket untuk motivasi belajar dan tes untuk prestasi belajar Pendidikan Pancasila yang dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis permainan berbantuan Quizizz berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata Kunci: model pembelajaran berbasis permainan, quizizz, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Yanti Maliani |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 05:16 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 05:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |