PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV SD

Krisna, Anak Agung Istri Ari (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041011-COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041011-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041011-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dua jalur dengan berbantuan aplikasi SPSS. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus VI Sukawati tahun ajaran 2024/2025. Dimana di Gugus ini terdapat 6 SD Negeri terdiri atas 9 kelas berjumlah 316 orang siswa. Metode tes untuk pengumpulan data Hasil Belajar IPAS dan Non-Test untuk Rasa Ingin Tahu. Hasil analisis ANAVA dua arah pada penelitian ini menunjukkan penelitian menunjukkan: (1) nilai sig < 0.05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD, (2) nilai sig pada Interaksi Kelas dan rasa ingin tahu sebesar 0.045 artinya adanya interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD, (3) nilai sig pada kelompok siswa yang memiliki Rasa ingin tahu tinggi sebesar 0.001, artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD pada kelompok siswa yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, (4) nilai sig pada kelompok siswa yang memiliki rasa ingin tahu rendah sebesar 0.000, diartikan terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD pada kelompok siswa yang memiliki rasa ingin tahu rendah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh tingkat rasa ingin tahu siswa, sehingga dapat mengoptimalkan dan memaksimalkan pencapaian hasil belajar IPAS siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, media video animasi, Hasil Belajar IPAS, Rasa Ingin Tahu, Siswa Sekolah Dasar (SD).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Anak Agung Istri Ari Krisna
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:01
Last Modified: 14 Feb 2025 07:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23303

Actions (login required)

View Item View Item