PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD

Wijayanti, Ni Kadek Arthiwi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041065-COVER.pdf

Download (454kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041065-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041065-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif berbasis cerita bergambar pada materi membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli bahasa, tiga orang guru kelas dan siswa kelas V di SD No.4 Kerobokan Kelod. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes serta instrumen penelitiannya berupa lembar kuesioner validitas, lembar kuesioner kepraktisan dan tes membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun dari media interaktif cerita bergambar ini terdiri dari bagian tampilan layar aplikasi, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, indikator membaca pemahaman, materi teks fiksi, cerita bergambar, soal evaluasi, menambah reaction, mengubah HTML menjadi aplikasi, (2) Validitas ahli materi pelajaran memperoleh CVR sebesar 15,00 kategori valid, ahli media pembelajaran dengan CVR 15,00 kategori valid dan ahli bahasa dengan CVR 10,00 kategori valid,(3) Kepraktisan oleh guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 99,33% dengan kualifikasi sangat praktis sedangkan kepraktisan oleh siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 91,45% dengan kualifikasi sangat praktis,(4) Hasil efektivitas media diperoleh nilai sig. 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi media interaktif cerita bergambar efektif meningkatkan membaca pemahaman siswa di kelas V SD No. 4 Kerobokan Kelod.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, cerita bergambar, membaca pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Kadek Arthiwi Wijayanti
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:39
Last Modified: 14 Feb 2025 07:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23315

Actions (login required)

View Item View Item