PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SCIENCE TECHONOLGY ENGINEERING ART MATHEMATIC (STEAM) MELALUI EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 7 KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Putra, I Gede Made Yoga Dwi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SCIENCE TECHONOLGY ENGINEERING ART MATHEMATIC (STEAM) MELALUI EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 7 KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2329041071-COVER)
2329041071-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2329041071-ABSTRAK)
2329041071-Abstrak.pdf

Download (248kB)
[img] Text (2329041071-BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041071-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (499kB)
[img] Text (2329041071-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041071-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (2329041071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041071-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2329041071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041071-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (2329041071-BAB 5 PENUTUP)
2329041071-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (2329041071-DAFTAR PUSTAKA)
2329041071-Daftar Pustaka.pdf

Download (496kB)
[img] Text (2329041071-LAMPIRAN)
2329041071-Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning berbantuan STEAM dan pembelajaran konvensional. (2) mengetahui pengaruh interaksi antara model discovery learning berbantuan STEAM dan efikasi diri terhadap pencapaian hasil belajar. (3) mengkaji perbedaan pencapaian pada siswa dengan efikasi diri tinggi dan efikasi rendah antara yang mengikuti model discovery learning berbantuan STEAM dan metode konvensional. (4) mengulas perbedaan hasil belajar pada siswa dengan efikasi diri rendah berdasarkan metode pembelajaran yang diterapkan. Metode penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control group. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dua jalur dengan berbantuan aplikasi SPSS. Populasi seluruh siswa kelas V SDN Gugus VII Buleleng Tahun Pelajaran 2024/2025 berjumlah 243 orang siswa dengan sampel sebanyak 132 partisipan. Hasil analisis ANAVA dua arah pada penelitian ini menunjukkan penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning berbantuan STEAM dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran discovery learning berbantuan STEAM dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPAS; (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning berbantuan STEAM dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki efikasi diri tinggi; (4) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning berbantuan STEAM dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki efikasi diri rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, STEAM, Hasil Belajar IPAS, Efikasi Diri, Siswa Sekolah Dasar (SD)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gede Made Yoga Dwi Putra
Date Deposited: 15 Feb 2025 00:44
Last Modified: 15 Feb 2025 00:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item