PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 SESETAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN

Puspawati, Luh Dewi (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 SESETAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041047-COVER.pdf

Download (262kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041047-ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041047-LAMPIRAN.pdf

Download (859kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendeskrpsikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan kerja sama, (2) menganalisis dan mendeskrpsikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS, (3) menganalisis dan mendeskrpsikan pengaruh model Problem Based Learning secara simultan terhadap keterampilan kerja sama dan hasil belajar IPAS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 13 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan pada tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 64 orang yang tersebar di dua kelas. Penentuan sampel penelitian dengan multistage random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan kerja sama antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Negeri 13 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan dengan Fhitung = 340,207 (p < 0,05), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Negeri 13 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan dengan Fhitung = 108,660 (p < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan kerja sama dan hasil belajar IPAS secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Negeri 13 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan dengan Fhitung = 909,760 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, keterampilan kerja sama, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Luh Dewi Puspawati
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:31
Last Modified: 14 Feb 2025 09:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item