PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA SD KELAS V GUGUS I KECAMATAN GIANYAR

Suryanata, I Putu Agus (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA SD KELAS V GUGUS I KECAMATAN GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041045-COVER.pdf

Download (766kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041045-ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041045-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPAS ditinjau dari sikap ilmiah pada siswa SD kelas V Gugus I Kecamatan Gianyar. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN Gugus I Kecamatan Gianyar, yang terdiri dari 281 orang siswa. Sebanyak 83 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas V SDN 6 Gianyar sebagai kelas eksperimen sebanyak 43 orang dan kelas V SDN 4 Gianyar sebagai kelas kontrol sebanyak 40 orang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPAS siswa dan metode non tes berupa kuisioner intrumen untuk mengukur tingkatan sikap ilmiah yang dimiliki masing-masing siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA AB berbantuan program SPSS-26.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional pada Siswa SD Kelas V Gugus I Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar. Kedua, terdapat Terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran Project Based Learning dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SD kelas V Gugus I Kecamatan Gianyar. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada siswa SD kelas V gugus I Kecamatan Gianyar yang memiliki sikap ilmiah tinggi. Keempat, Terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada siswa SD kelas V gugus I Kecamatan Gianyar yang memiliki sikap ilmiah rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, hasil belajar IPAS, sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Putu Agus Suryanata
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:29
Last Modified: 14 Feb 2025 09:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item