PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS PATTIMURA TAHUN AJARAN 2024/2025

Wardhana, Eka (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS PATTIMURA TAHUN AJARAN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2329041043-COVER)
2329041043-Cover.pdf

Download (711kB)
[img] Text (2329041043-ABSTRAK)
2329041043-Abstrak.pdf

Download (353kB)
[img] Text (2329041043-BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041043-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (365kB)
[img] Text (2329041043-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041043-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (2329041043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041043-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (2329041043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041043-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (2329041043-BAB 5 PENUTUP)
2329041043-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (2329041043-DAFTAR PUSTAKA)
2329041043-Daftar Pustaka.pdf

Download (499kB)
[img] Text (2329041043-LAMPIRAN)
2329041043-Lampiran.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi dan prestasi belajar IPAS siswa kelas V SDN Gugus Pattimura Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN Pattimura, yang terdiri dari 11 kelas dengan banyak 322 orang siswa. Sebanyak 2 kelas dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling intac group. Pengumpulan datanya menggunakan metode non tes berupa kuesioner untuk mengukur motivasi belajar siswa dan metode tes berupa pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar IPAS siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis MANOVA berbantuan program IBM SPSS Statistic 21.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran penemuan berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar IPAS siswa kelas V SDN Gugus Pattimura. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Gugus Pattimura. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan berbasis masalah kontekstual terhadap prestasi belajar IPAS siswa kelas V SDN Pattimura.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Penemuan, Masalah Kontekstual, Motivasi, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Eka Wardhana
Date Deposited: 15 Feb 2025 11:42
Last Modified: 15 Feb 2025 11:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23356

Actions (login required)

View Item View Item