PENGEMBANGAN MEDIA WEB GOOGLE SITES BERORIENTASI FLIPPED CLASSROOM BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS

Suardana, Dewa Nyoman (2025) PENGEMBANGAN MEDIA WEB GOOGLE SITES BERORIENTASI FLIPPED CLASSROOM BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041050-COVER.pdf

Download (467kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041050-ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041050-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Web Google Sites berorientasi flipped classroom berbasis kearifan lokal Bali untuk meningkatkan hasil belajar IPAS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE melalui tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dimana terdapat evaluasi disetiap tahapannya. Uji validitas isi dan media menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI). Selanjutnya, uji kepraktisan dilakukan menggunakan instrumen User Experience Questionnare (UEQ). Pengujian efektivitas dilakukan melalui eksperimen semu tipe one group pre-test post-test menggunakan rumus uji-t. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar. Penelitian ini sudah menghasilkan media Web Google Sites berorientasi flipped classroom berbasis kearifan lokal Bali. Berupa tautan link yang memuat materi yang beragam berupa video, teks berjalan, kuis, dan soal evaluasi. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa validitas isi dan validitas media Web Google Sites berorientasi flipped classroom berbasis kearifan lokal Bali memperoleh kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 4,8. Hasil uji kepraktisan pada aspek daya tarik, kejelasan, efesiensi, stimulasi, dan kebaruan memperoleh kategori unggul, sedangkan aspek ketepatan memperoleh kategori baik. Berdasarkan hasil uji tersebut, media Web Google Sites berorientasi flipped classroom berbasis kearifan lokal Bali dapat dinyatakan praktis. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji-t berbantuan SPSS 26 for windows didapatkan hasil sig. (2-tailed) = 0,001 dimana hasilnya < 0,05 sehingga H1 diterima H0 ditolak jadi terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD sebelum dan sesudah menggunakan media Web Google Sites berorientasi flipped classroom berbasis kearifan lokal Bali. Nilai pretest lebih kecil daripada nilai postest. Dengan demikian, didapatkan kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik dapat meningkat melalui penggunaan media Web Google Sites berorientasi flipped classroom berbasis kearifan lokal Bali.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Web Google Sites, Flipped Classroom, Kearifan Lokal Bali, Hasil Belajar, Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Dewa Nyoman Suardana
Date Deposited: 15 Feb 2025 05:15
Last Modified: 15 Feb 2025 05:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23363

Actions (login required)

View Item View Item