Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bima untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Bima

Afni, Nur (2025) Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bima untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041058-COVER.pdf

Download (578kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041058-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041058-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita anak berbasis kearifan lokal Bima sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi budaya dan literasi membaca siswa kelas V SD. Buku cerita ini dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres Tente, guru kelas, serta ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa yang terlibat dalam proses validasi produk. Objek penelitian adalah buku cerita anak berjudul "La Lino dan La Mango", yang mengangkat nilai-nilai budaya dan moral khas masyarakat Bima. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita ini memiliki validitas sangat tinggi, berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 4,15 dan ahli media dengan skor 4,0, menunjukkan bahwa konten dan tampilan buku sesuai dengan standar pembelajaran. Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 4,9, yang menandakan bahwa buku ini mudah digunakan dalam pembelajaran. Sementara itu, uji efektivitas menggunakan uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam literasi budaya dan membaca siswa setelah menggunakan buku cerita berbasis kearifan lokal Bima. Dengan demikian, buku ini dapat menjadi media pembelajaran yang inovatif dalam meningkatkan literasi siswa sekaligus memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal Bima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku cerita anak, kearifan lokal Bima, literasi budaya.Literasi Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NUR AFNI
Date Deposited: 16 Feb 2025 12:14
Last Modified: 16 Feb 2025 12:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23378

Actions (login required)

View Item View Item