Handayani, Ni Luh Eka Sriwati (2025) PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD GUGUS DEWI SARTIKA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041066-COVER.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041066-ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041066-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Etnomatematika terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus Dewi Sartika. Rancangan penelitian ini mengikuti rancangan eksperimen The postest only control group design. Sebanyak 344 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa kelas VI Gugus Dewi Sartika. Sebanyak 49 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui random sampling. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non tes berupa kuisioner untuk motivasi belajar dan metode tes untuk prestasi belajar siswa. Analisis data diperoleh melalui analisis MANOVA dan ANAVA. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) secara simultan terdapat perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 141,538 dengan Sig = 0,000), 2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 262,270 dengan Sig = 0,000), 3) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 23,38 dengan Sig = 0,000). Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh PMR berbasis etnomatematika terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus Dewi Sartika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Etnomatematika, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | NI LUH EKA SRIWATI HANDAYANI |
Date Deposited: | 16 Feb 2025 12:10 |
Last Modified: | 16 Feb 2025 12:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |