Widayanti, Gusti Ayu Neta Putri (2025) PENGEMBANGAN POP UP BOOK SATUA BALI LUTUNG TEKEN KEKUA MEMALING ISEN PADA TOPIK BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031344-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031344-ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031344-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031344-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031344-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031344-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031344-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031344-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031344-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Permasalahan tentang pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan rendahnya literasi sains siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah terkait rendahnya literasi sains siswa maka dikembangkan Pop up Book Satua Bali. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menganalisis rancang bangun produk, validitas produk, kepraktisan dan uji efektivitas produk. Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) rancang bangun Pop up Book Satua Bali Lutung Teken Kekua Memaling Isen dirancang berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah diuji dan disetujui. Pop up Book ini di desain dalam bentuk 3D dan terdapat beberapa gambar yang bisa di tarik maupun di geser; (2) hasil uji validitas oleh ahli media dan ahli materi dari Pop up Book Satua Bali Lutung Teken Kekua Memaling Isen memperoleh skor sebesar 97,5% dan 92,5% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil uji kepraktisan terhadap respon pengguna Pop up Book Satua Bali Lutung Teken Kekua Memaling Isen mendapatkan skor 99% dari respon guru dan 95% dari respon siswa, sehingga, dapat disimpulkan bahwa kepraktisan Pop up Book Satua Bali Lutung Teken Kekua Memaling Isen sangat baik; (4) Setelah melakukan uji coba pada Pop up Book Satua Bali Lutung Teken Kekua Memaling Isen, ditemukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan literasi sains siswa. Artinya, Pop up Book Satua Bali Lutung Teken Kekua Memaling Isen dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SD Negeri 4 Babahan. Hasilnya menunjukkan bahwa Pop up Book Satua Bali Lutung Teken Kekua Memaling Isen valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop up Book, Satua Bali, literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Neta Putri Widayanti |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 02:08 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 02:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |