Wiguna, Putu Gede Ananta (2025) The Effect of the Implementation of Project-Based Learning in Kurikulum Merdeka on Student Writing and Speaking Achievement in SMAN 7 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1812021239-COVER.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1812021239-ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021239-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021239-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021239-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021239-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021239-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021239-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1812021239-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh penerapan PjBL terhadap prestasi Menulis siswa di SMAN 7 Denpasar. (2) Menganalisis pengaruh penerapan PjBL terhadap prestasi Berbicara siswa di SMAN 7 Denpasar. (3) Mengetahui persepsi siswa tentang penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam pengaruh kelas menulis dan berbicara di SMAN 7 Denpasar. Model Desain dan Pengembangan oleh Pardede (2019) menjadi landasan metodologi penelitian ini. Tiga fase model desain dan pengembangan adalah observasi, eksperimen, desain, dan analisis. Instrumen seperti skenario pembelajaran, dokumen, dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Miles & Huberman (2013) menguji data secara statistik dan kualitatif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan prestasi menulis dan berbicara siswa, meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan kerja tim, dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa setelah berpartisipasi dalam pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan nilai yang diperoleh rata-rata skor post-test terjadi peningkatan hasil belajar, (3) pembelajaran berbasis proyek sangat positif karena memberikan dampak terhadap siswa seperti berpikir lebih kritis dan sistematis dalam menyelesaikan tugas, menjadi lebih aktif, pembelajaran lebih interaktif, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengelola kegiatan atau aktivitasnya untuk menyelesaikan tugas hingga melatih dirinya untuk mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berbasis Proyek, Menulis, Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Gede Ananta Wiguna |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 00:17 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 00:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |