Parwati, Ni Komang Diah Eka (2025) PENGEMBANGAN E-EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN METODE GASING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERIK DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031013-COVER.pdf Download (876kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031013-ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21110310130-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran matematika di kelas V adalah rendahnya kemampuan metakognitif dan literasi numerik siswa. Hal ini terjadi karena evaluasi yang diberikan masih sebatas hafalan rumus semata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas e-evaluasi berbasis etnomatematika untuk meningkatkan literasi numerik dan kemampuan metakognitif siswa. Model penelitian yang digunakan yakni model pengebangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V sebanyak 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan tes. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunakan rating scale dan tes esai singkat. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Berdasarkan tabel uji-t pada variabel kemampuan metakognitif, didapatkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05. Artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian pada variabel literasi numerik, didapatkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05. Artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-evaluasi berbasis etnomatematika dapat digunakan dalam pembelajaran matematika karena efektif meningkatkan kemampuan metakognitif dan literasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-evaluasi, etnomatematika, literasi numerik, metakognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Diah Eka Parwati |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:53 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |