Cahyani, Ni Made Viona Adelia (2025) PENGEMBANGAN PEDOMAN PEMBERIAN FEEDBACK BERBASIS SMART DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031105-COVER.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031105-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031105-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031105-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031105-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031105-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (974kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031105-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031105-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031105-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan dorongan dimiliki seseorang untuk belajar. Hal ini erat kaitannya dengan Efikasi diri, yaitu keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri. Namun sayangnya proses pembelajaran seperti pemberian feedback atau umpan balik yang bisa meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri belum dilakukan secara optimal. Kegiatan pemberian feedback tidak dilengkapi dengan pedoman pemberian feedback yang efektif dan jelas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirasa perlu untuk mengembangkan pedoman pemberian feedback berbasis SMART untuk mempermudah kegiatan pemberian feedback pada proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahapan pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebarluasan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pedoman pemberian feedback yang telah dibuat telah diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji menunjukkan bahwa pedoman pemberian feedback berbasis SMART layak dan praktis digunakan. Pedoman pemberian feedback efektif meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri siswa. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pedoman pemberian feedback yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedoman Pemberian Feedback, SMART, Motivasi Belajar, Efikasi Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Viona Adelia Cahyani |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 00:33 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 00:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |