PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 2 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Amrizal, Wahyu (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 2 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021044-COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021044-ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB 1)
1513021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 2)
1513021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1513021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1513021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1513021044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021044-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep fisika siswa menjadi masalah utama yang dikaji pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran lansung (Direct Instruction). Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian one way non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 2 Banjar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 95 siswa. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 2 kelas ditentukan secara assignment random sampling. Nilai koefisien realibilitas tes pemahaman konsep sebesar 0,843. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik uji-t (independent sample) dengan Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antar siswa yang belajar dengan model problem based learning dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (t hitung = 4,737 ; p < 0,05). Kelompok siswa yang belajar dengan model problem based learning menunjukkan nilai pemahaman konsep fisika lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung ( = 0,42, SD = 0,16 ; = 0,24, SD = 0,14).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, model pembelajaran langsung, pemahaman konsep,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Wahyu Amrizal
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:40
Last Modified: 21 Oct 2019 03:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item