Pengembangan Microlearning Video Terjemahan Bahasa Isyarat Kata Kolok untuk Terminologi IPA SD Topik Wujud Zat dan Perubahannya

Martini, Ni Kadek Dwi (2025) Pengembangan Microlearning Video Terjemahan Bahasa Isyarat Kata Kolok untuk Terminologi IPA SD Topik Wujud Zat dan Perubahannya. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2111031009-COVER)
2111031009-COVER.pdf

Download (641kB)
[img] Text (2111031009-ABSTRAK)
2111031009-ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text (2111031009-BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text (2111031009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (2111031009-BAB 3 METEDOLOGI PENELITIAN)
2111031009-BAB 3 METEDOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (2111031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (2111031009-BAB 5 PENUTUP)
2111031009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (2111031009-DAFTAR PUSTAKA)
2111031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (2111031009-LAMPIRAN)
2111031009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran berupa microlearning video terjemahan bahasa isyarat kata kolok untuk terminologi IPA SD, mengetahui kevalidan serta kepraktisan microlearning video sebagai media pembelajaran mengenal terminologi wujud zat dan perubahannya di kelas IV untuk siswa inklusi SD Negeri 2 Bengkala. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap utama, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yang melibatkan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan metode kulaitatif dan kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil validitas media dari ahli materi sebesar 0,8875 dengan kualifikasi tinggi dan validitas ahli media sebesar 0,9583 dengan kualifikasi tinggi. Hasil presentase kepraktisan oleh guru memperoleh skor sebesar 99% dengan kualifikasi sangat baik dan presentase kepraktisan siswa memperoleh skor 89% dan tergolong kualifikasi sangat baik. Hasil validitas dan kepraktisan tersebut menyatakan bahwa microlearning video terjemahan bahasa isyarat kata kolok untuk terminologi IPA SD valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa inklusi kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Microlearning video, Terminologi IPA, bahasa isyarat kata kolok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dwi Martini
Date Deposited: 19 Feb 2025 08:21
Last Modified: 19 Feb 2025 08:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23501

Actions (login required)

View Item View Item