Suari, Ni Wayan Mirah Indra (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS LETKOL WISNU DENPASAR UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031171-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031171-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031171-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031171-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031171-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031171-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031171-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031171-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031171-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media batang napier terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (Quasi-Eksperimental Design) dengan menggunakan rancangan yaitu post-test only control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 282 seluruh siswa kelas V SDN Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SDN 11 Peguyangan sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 orang dan siswa kelas V SDN 12 Peguyangan sebagai kelas kontrol dengan banyak 29 orang. Metode pengumpulan data yaitu tes dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Data hasil penelitian di analisis dengan teknik statistik inferensial (uji-t) polled varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor post-test pada kelas eksperimen 86,64 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata skor post-test pada kelas kontrol 70,52 yang berada pada kategori sedang pada tabel PAP dengan skala 5 (Lima). Hasil analisis uji- t diperoleh thitung = 9,119 dan ttabel = 2,002 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 57, sehingga thitung = 9,119 > ttabel = 2,002 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT berbantuan media batang napier dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT berbantuan media batang napier, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT berbantuan media batang napier terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: TGT (Teams Games Tournament), Batang Napier, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Mirah Indra Suari |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:50 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |