Udyani, Ni Putu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA DAKOTA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS VIII MENGWI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031433-COVER.pdf Download (974kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031433-ABSTRAK.pdf Download (663kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031433-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031433-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031433-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031433-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031433-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031433-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031433-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media dakota terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SD Gugus VIII Mengwi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi-Eksperimental Design) dengan menggunakan rancangan yaitu posttest-only control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 154 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu peserta didik kelas V SD No. 1 Mengwi sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 orang dan peserta didik kelas V SD No. 2 Mengwi sebagai kelas kontrol sebanyak 24 orang. Metode pengumpulan data yaitu tes dengan instrument tes essay. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik inferensial (uji-t) polled varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor post-test pada kelas eksperimen 86,45 yang berada pada kategori tinggi sedangkan rata-rata skor post-test pada kelas kontrol 77,29 yang berada pada kategori sedang pada tabel PAP dengan skala 5. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 3,715 dan ttabel = 1,679 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 46, sehingga thitung = 3,715 > ttabel = 1,679 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media dakota dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media dakota. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media dakota terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada peserta didik kelas V SD Gugus VIII Mengwi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kooperatif tipe STAD, dakota, kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Udyani |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:35 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |