Putri, Kadek Dhina Riani (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP SIKAP CINTA TANAH AIR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V GUGUS IV UBUD TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031232-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031232-ABSTRAK.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031232-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031232-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031232-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031232-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031232-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031232-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031232-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pengetahuan siswa mengenai negara Indonesia yang masih minim mengakibatkan kurangnya rasa cinta tanah air pada diri siswa. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam mengemas suatu pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Melihat hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan e-modul terhadap sikap cinta tanah air pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Ubud tahun ajaran 2024/2025 dengan total 135 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 40 siswa, di antaranya 20 siswa kelas V SD Negeri 1 Mas sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa kelas V SD Negeri 6 Mas sebagai kelompok kontrol. Subjek data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa sikap cinta tanah air dengan menggunakan metode non-tes berupa kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan e-modul terhadap sikap cinta tanah air pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan e-modul dapat meningkatkan sikap cinta tanah air. Implikasi penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan e-modul dapat menjadi acuan untuk menciptakan pembelajaran menyenangkan yang tidak hanya berorientasi pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Kooperatif tipe make a match, e-modul, sikap cinta tanah air. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Dhina Riani Putri |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 04:27 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 04:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |