Arta, I Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ICEBREAKER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031312_COVER.pdf Download (740kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031312_ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031312_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031312_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031312_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (995kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031312_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031312_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031312_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031312_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan icebreaker terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Banjar Tegal yang berjumlah 28 siswa dan siswa kelas IV SDN 2 Banjar Tegal yang berjumlah 25 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah matematika dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk soal uraian. Selanjutnya, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh thitung sebesar 4,228 lebih besar dari ttabel yaitu 1,675 yang diuji pada taraf signifikansi 5% dan dk = 51. Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan keampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain itu, berdasarkan analisi deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol, yaitu 39,5 > 34,68. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan icebreaker terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah Matematika, Model PBL, Icebreaker |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Arta |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 09:07 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 09:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2354 |
Actions (login required)
View Item |