Julianingsih, Ni Komang Aristya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TAT TWAM ASI MATERI KERAGAMAN AGAMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NO 2 KUTUH BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031160-COVER.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031160-ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031160-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031160-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031160-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031160-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031160-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031160-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031160-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui rancang bangun media video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tat Twam Asi materi keragaman agama mata pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD No 2 Kutuh Badung, (2) Untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tat Twam Asi dengan materi ajar keragaman agama ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil kelas V di SD No 2 Kutuh Badung, (3) Untuk mengetahui efektivitas media video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tat Twam Asi materi keragaman agama mata pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD No 2 Kutuh Badung. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. . Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media video pembelajaran dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun sebesar 97,56% dengan kualifikasi sangat baik, (2) Media video dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 91,67% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,89% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 6.886 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n – 1 = 25 adalah sebesar 1,706. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,886 > 1,706), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tat Twam Asi efektif diterapkan pada materi keragaman agama mata pelajaran Pendidikan Pancasila bagi siswa kelas V SD No 2 Kutuh Badung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Tat Twam Asi, Pendidikan Pancasila, Keragaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Aristya Julianingsih |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |