Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Banjar

Naibaho, Birgita Rani Estika (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Banjar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1817011059_COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1817011059_ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1817011059_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1817011059_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1817011059_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817011059_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1817011059_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011059_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1817011059_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain the nonequivalent control group atau sering juga disebut two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 1 Banjar dengan jumlah 372 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA1 sebagai kelas eksperimen dan VIIIA2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pretest dan postest pilihan berganda. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 53,28 dan tingkat ketuntasan sebesar 9,38% pada pretest menjadi nilai rata-rata sebesar 81,88 dengan tingkat ketuntasan sebesar 93,75% pada postest. Nilai rata-rata kelas kontrol yang pada awalnya nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 53, 59 dengan tingkat ketuntasan sebesar 6,25% pada pretest menjadi nilai rata-rata sebesar 73,91 dan tingkat ketutasan sebesar 81,25% pada postest, maka dapat dilihat bahwa kelas eksperimen mendapat nilai yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, group investigation (GI), dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Birgita Rani Estika Naibaho
Date Deposited: 21 Feb 2025 06:30
Last Modified: 21 Feb 2025 06:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23587

Actions (login required)

View Item View Item