Mahartini, Komang Trisna (2025) Pengembangan Buku Cerita Anak Berorientasi Tri Kaya Parisudha Sebagai Suplemen Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa Kelas IV SD. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139031014-COVER.pdf Download (495kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139031014-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139031014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139031014-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita anak berorientasi Tri Kaya Parisudha sebagai suplemen mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan literasi membaca dan literasi budaya siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan 9 orang judges, 235 responden, dan 79 subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Teknik analisis deskriptif dilaksanakan untuk menyajikan data hasil uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektivitas buku cerita anak. Selanjutnya, analisis inferensial dilaksanakan untuk menentukan hasil pengujian hipotesis pada kuasi eksperimen dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) rancang bangun buku cerita anak berorientasi Tri Kaya Parisudha memuat konten mata pelajaran IPAS, berorientasi Tri Kaya Parisudha, mendukung literasi membaca, dan literasi budaya untuk siswa Kelas IV SD; (ii) validitas buku cerita anak berorientasi Tri Kaya Parisudha memiliki kualifikasi sangat tinggi; (iii) kepraktisan buku cerita anak berorientasi Tri Kaya Parisudha memiliki kualifikasi sangat praktis; (iv) buku cerita anak berorientasi Tri Kaya Parisudha sebagai suplemen mata pelajaran IPAS terbukti efektif dalam meningkatkan literasi membaca dan literasi budaya siswa kelas IV SD secara simultan; (v) buku cerita anak berorientasi Tri Kaya Parisudha sebagai suplemen mata pelajaran IPAS terbukti efektif dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas IV SD; dan (vi) buku cerita anak berorientasi Tri Kaya Parisudha sebagai suplemen mata pelajaran IPAS terbukti efektif dalam meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita anak, IPAS, literasi budaya, literasi membaca, tri kaya parisudha |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Komang Trisna Mahartini |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 03:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 03:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |