PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 1 KALIBUKBUK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Dewi Fitriyanti, Ni Putu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 1 KALIBUKBUK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021001-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021001-ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021001-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun media video animasi dengan model pembelajaran CTL, (2) untuk mengetahui hasil validitas media video animasi dengan model pembelajaran CTL, dan (3) untuk mengetahui hasil efektivitas media video animasi dengan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Kalibukbuk tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penelitian pengembangan ini dilaksanakan pada jenjang kelas IV di SD Negeri 1 Kalibukbuk Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. (2) Media video animasi dinyatakan valid dengan hasil review uji ahli isi mata pelajaran Matematika memperoleh persentase 91,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 89% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase 93,3% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan, berdasarkan hasil uji coba pengguna yaitu uji coba perorangan memperoleh skor persentase 95,15% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh skor persentase 93,73% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan memperoleh persentase 93,93% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Media video animasi dinyatakan efektif dengan perolehan hasil uji hipotesis uji-t berkorelasi dengan harga thitung > ttabel (22,483 > 1,670). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran dengan model CTL efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada kelas IV di SD Negeri 1 Kalibukbuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Animaker, Media Video Animasi, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ni Putu Dewi Fitriyanti
Date Deposited: 24 Feb 2025 01:09
Last Modified: 24 Feb 2025 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23616

Actions (login required)

View Item View Item