PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS METODE MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 GUGUS I KECAMATAN BANJAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Wiryantini, Kadek Tasya (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS METODE MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 GUGUS I KECAMATAN BANJAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031522-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031522_ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031522- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031522-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031522- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031522- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031522- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031522- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031522-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media audiovisual berbasis metode Montessori terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 Sekolah Dasar yang ditinjau dari 7 aspek kemampuan membaca permulaan yaitu ketepatan menyuarakan simbol bahasa (huruf) Abjad, Ketepatan menyuarakan simbol bahasa (huruf) cetak kecil dan kapital, ketepatan artikulasi, ketepatan pelafalan, ketepatan intonasi, kelancaran, dan kejelasan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas II pada Gugus 1 Kecamatan Banjar yang melibatkan 5 kelas dengan jumlah siswa 99 orang. Dari hasil observasi, masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca. Kesulitan yang terjadi antara lain; sulit mengenali suku kata menjadi kata, belum bisa membaca dengan lancar, apalagi kata yang cukup panjang atau lebih dari lima huruf, kosakata yang siswa ketahui masih sedikit, sulit membedakan huruf b dan d, kemudian siswa juga kurang bimbingan dan perhatian dari orang tua sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam membaca. Media yang digunakan masih konvensional belum memanfaatkan sumber belajar, sehingga siswa kurang antusias dalam kegiatan membaca. Hal tersebut dilihat dari hasil penilaian kemampuan membaca yang belum mampu memenuhi kriteria dari aspek kemampuan membaca tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan bentuk penelitian (quasi experimental). Rancangan eksperimen semu yang digunakan adalah non-equivalent post-test only control group design. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes membaca lisan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan uji-t. Penggunaan materi audiovisual berbasis metode Montessori memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan membaca siswa kelas 2 Gugus I Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2024/2025 berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual, Metode Montessori, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Tasya Wiryantini
Date Deposited: 26 Feb 2025 01:43
Last Modified: 26 Feb 2025 01:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23646

Actions (login required)

View Item View Item