PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEBHINEKAAN GLOBAL SISWA KELAS IV PADA MUATAN IPS SD

Wiyanta, I Komang Adi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEBHINEKAAN GLOBAL SISWA KELAS IV PADA MUATAN IPS SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031165-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031165-ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (493kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031165-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031165-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031165-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran IPS khususnya pada topik keragaman budaya untuk meningkatkan kebhinekaan global siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non tes berupa kuesioner dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan uji validitas, pengembangan media pembelajaran interaktif di uji oleh dua ahli materi dan duah ahli media pembelajaran. Uji ahli materi memperoleh nilai rata-rata 3,8 yang tergolong validitas tinggi, uji ahli media memperoleh nilai rata-rata 3,9 yang tergolong validitas tinggi. Media pembelajaran interaktif yang telah melalui tahap uji validitas kemudian diuji kepraktisannya oleh praktisi atau guru dengan memperoleh nilai rata-rata 3,9 yang tergolong validititas tinggi, respons siswa diuji pada kelas IV A yang berjumlah 9 orang siswa memperoleh nilai rata-rata 3,8 yang tergolong validititas tinggi. Uji efektivitas media menggunakan desain one group pretest posttest dengan jumlah responsden sebanyak 15 siswa kelas IV A SD Mutiara Singaraja. Melalui uji-t berkorelasi memperoleh nilai signifikan (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan besar signifikan lebih kecil dari 0,05 atau (Sig.<0,05). Dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima sehingga media pembelajaran interaktif berbasis Tri Kaya Parisudha materi keragaman budaya Indonesia efektif untuk meningkatkan kebhinekaan global siswa kelas IV pada muatan IPS SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Tri Kaya Parisudha, Keberagaman Budaya, Kebhinekaan Global, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Adi Wiyanta
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:21
Last Modified: 05 Mar 2025 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23671

Actions (login required)

View Item View Item