PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERPENDEKATAN GOAL FREE EVALUATION BERFOKUS PADA KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV DI SEKOLAH PENGGERAK KOTA SINGARAJA

Darma, Ketut Ari Sukra (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERPENDEKATAN GOAL FREE EVALUATION BERFOKUS PADA KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV DI SEKOLAH PENGGERAK KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031055-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031055-ABSTRAK.pdf

Download (828kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (596kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031055-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di SD, serta pemanfaatan instrumen evaluasi yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis kevaliditasan dan kepraktisan dari instrumen evaluasi berpendekatan goal free evaluation. Studi pengembangan ini mempergunakan model 4D, yang tersusun atas empat tahapan, yaitu: (1) define atau pendefinisian, (2) design atau perancangan, (3) development atau pengembangan, (4) disseminate atau penyebarluasan. Studi ini mengambil subjek instrumen evaluasi, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi pendidikan dasar, isi evaluasi, respon guru dan siswa sebagai pengguna instrumen. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuesioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil validitas ahli pendidikan dasar instrumen evaluasi berpendekatan goal free evaluation yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 1 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (2) hasil validitas ahli evaluasi pada isi instrumen evaluasi berpendekatan goal free evaluation yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,96667 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (3) tingkat pencapaian respon guru terhadap instrumen evaluasi berpendekatan goal free evaluation adalah sebesar 90% dan 100% dengan kualifikasi sangat baik, dan (4), tingkat pencapaian respon siswa terhadap instrumen evaluasi berpendekatan goal free evaluation adalah sebesar 90,77% dan 96,17% dengan kualifikasi sangat baik, sehingga instrumen evaluasi berpendekatan goal free evaluation efektif guna meningkatkan kemampaun numerasi siswa kelas IV SD di Sekolah Penggrak Kota Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen evaluasi, Instrumen evaluasi berpendekatan goal free evaluation, kemampuan numerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Ari Sukra Darma
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:54
Last Modified: 06 Mar 2025 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item