PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KALIBUKBUK

Suryawan, I Komang Andi (2025) PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KALIBUKBUK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031042-COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031042-ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031042-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031042-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Metaphorical Thinking berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPAS. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibukbuk tahun pelajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pre-Test Post-Test Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis dan kreativitas yang diberikan dalam bentuk soal uraian sebelum dan setelah perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. = 0,000 (p < 0,05), sehingga H₀ ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan Metaphorical Thinking berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Hal ini didukung oleh data empiris yang menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki keterampilan berpikir kritis dan kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ini lebih aktif dalam berdiskusi, mampu menghubungkan konsep dengan pengalaman nyata, serta menunjukkan kreativitas yang lebih berkembang dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metaphorical Thinking, Tri Kaya Parisudha, Keterampilan Berpikir Kritis, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Andi Suryawan
Date Deposited: 07 Mar 2025 08:26
Last Modified: 07 Mar 2025 08:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23687

Actions (login required)

View Item View Item